8 Alasan Kesehatan Mengapa Kita Harus Menangis

Menangis baik untuk jiwa kita. Ini layaknya sabun yang baik untuk tubuh. Anehnya, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa menangis akan membuat mata kita sehat dan juga tubuh kita secara keseluruhan akan lebih baik.

Tentu kita sudah tidak asing apabila mendengar bahwa tertawa merupakan obat bagi berbagai macam penyakit dan merupakan salah satu rahasia umur panjang. Namun, ternyata tidak hanya tertawa yang bisa memberikan efek positif, bahkan menangis juga bisa memberikan banyak manfaat layaknya tertawa.


Menurut penelitian, air mata yang keluar akan membuat kita merasa lebih baik. Hal tersebut akan mengurangi tingkat stres, menurunkan tekanan darah, dan menangis juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Ada tiga jenis air mata yang dihasilkan oleh kelenjar air mata yaitu, air mata emosional, biasanya di produksi ketika kita merasa sedih, air mata basah yaitu air mata yang mengandung lipid, lemak, protein dan berbagai senyawa yang akan melindungi mata dari infeksi. Kemudian yang ketiga adalah air mata refleks yaitu air mata yang akan melindungi mata kita dari iritasi, asap atau pada saat kita mengiris bawang.

Beberapa manfaat menangis untuk kesehatan diantaranya adalah:

1.        Membersihkan mata

Pada saat kita menangis, air mata kita akan melumasi bola mata dan kelopak mata yang membantu membersihkan mata sehingga membuatnya lebih sehat. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa seseorang perlu untuk menangis.

2.        Membantu membunuh bakteri

Tahukah anda bahwa air mata mengandung lisozim. Cairan ini sangat kuat sehingga mampu membunuh 90%-95% bakteri yang ada di mata kita.

3.        Menghapus racun

Manfaat lain dari menangis adalah, air mata yang keluar tersebut bisa mengeluarkan racun dari tubuh kita. Jadi pada saat kita menangis, sebenarnya ada banyak racun yang ikut keluar bersama air mata sehingga menyebabkan kita merasa lebih ringan atau memiliki perasaan yang lebih enak setelah menangis.

4.        Meningkatkan suasana hati

Menangis baik untuk kesehatan karena dapat mengeluarkan emosional terpendam yang selama ini kita simpan. Berbagai tekanan dan merasa frustasi bisa keluar bersama air mata sehingga menangis bisa membuat mood kita menjadi lebih baik.

5.        Mengurangi mangan

Air mata juga bisa membantu mengurangi kadar mangan di dalam tubuh. Mangan merupakan mineral yang bisa mempengaruhi suasana hati seseorang. Apabila seseorang menangis, maka bansyak manganyang akan ikut keluaran sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

6.        Menurunkan tekanan darah

Alasan lain mengapa menangis itu sehat adalah, karena air mata yang keluar yang bisa membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Air mata juga membantu menyeimbangkan tekanan pada tubuh sehingga anda merasa lebih santai setelahnya.

7.        Meredakan stres

Jika anda terus-menerus berada di bawah tekanan dan stres, untuk mengatasi hal tersebut anda sebaiknya jangan menahan diri untuk menangis. Karena menangis bisa membantu mengurangi stres dan membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

8.        Meningkatkan imun tubuh

Manfaat lain dari menangis adalah untuk membangun sistem kekebalan tubuh seseorang.Jika anda menangis, racun di dalam tubuh akan dikeluarkan dan imun tubuh akan meningkat.

So.. Tidak ada salahnya jika anda sesekali mengeluarkan air mata bukan? Ketahuilah, menangis bukanlah hal yang memalukan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »