7 Alasan Mengapa Pria Harus Bangun Lebih Awal?

Bangun sebelum matahari terbit sangat bermanfaat bagi setiap orang terlepas dari gender atau jenis kelamin apapun yang anda miliki. Ini adalah kebiasaan baik yang harus dibudidayakan dan tidak boleh ditinggalkan. Gaya hidup tidak sehat bisa dimulai dengan tidur larut malam dan bangun kesiangan. Dengan bangun pagi, anda akan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan berbagai hal ini, akan bermanfaat juga untuk kesehatan.


Khususnya untuk pria, ada beberapa manfaat eksklusif bangun pagi sebelum matahari terbit yang harus anda tahu.
Ketika bangun di pagi hari, misalnya pada 05.00, hal tersebut cenderung akan membuat prestasi anda meningkat dan pikiran anda lebih segar. Selain itu, siklus tidur anda pun akan cenderung lebih baik jika bangun pagi-pagi.

Kualitas tidur juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental maupun fisik. Dalam jangka panjang, kualitas tidur anda akan sangat berpengaruh. Jika anda seorang laki-laki, anda harus khawatir jika sering bangun kesiangan karena hal tersebut akan membuat anda mengalami banyak kerugian, mulai dari kehilangan libido, tidak sempat sarapan, tidak sempat berolahraga bahkan dapat juga menurunkan sistem kekebalan tubuh.



Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa pria harus bangun lebih awal.

1. Libido Menurun
Alasan pertama mengapa pria harus bangun pagi adalah, pria yang kurang tidur biasanya akan menderita penurunan libido dalam jangka panjang. Bangun pagi bisa membantu kita tidur lebih teratur dan tidur lebih awal sehingga sangat dianjurkan. Dengan begitu, nafsu seksual anda akan tetap terjaga bahkan hingga tua.

2. Olahraga
Tidak banyak orang yang rutin bangun pagi. Dan, kebanyakan diantara mereka tidak memiliki kesempatan untuk berolahraga. Padahal, dengan bangun pagi kita akan memiliki kesempatan melakukan banyak hal, khususnya olahraga. Dengan berolahraga di pagi hari akan membuat kita lebih siap menghadapi tantangan dan lebih bisa berkonsentrasi sehingga produktivitas akan meningkat.

3. Jauh dari malas
Jika anda memiliki pola tidur yang buruk, sudah pasti sistem kekebalan tubuh anda akan terganggu. Penyebab kita kesulitan bangun pagi adalah karena tidur larut malam. Selain itu, sifat malas juga menyebabkan kita sering malas bangun pagi-pagi. Padahal, kebanyakan tidur justru dapat membuat sistem kekebalan tubuh atau imun menurun.

4. Hidup Bahagia
Orang yang bangun pagi biasanya jauh dari depresi. Oleh sebab itu, bagi pria, resiko depresi bisa ditekan hingga 10 persen apabila mereka rutin bangun sebelum matahari terbit.
5. Emosi terkontrol dengan baik
Bangun lebih awal akan memberikan anda kesempatan menenangkan diri dan berkonsentrasi, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi akan lebih terkontrol. Itulah sebabnya mengapa seseorang yang bangun lebih awal jarang lupa kunci, jarang lupa sesuatu yang akan dibutuhkannya di kantor nanti, dll.

6. Lebih bersemangat
Mereka yang bangun pagi sebelum matahari terbit cenderung memiliki produktivitas di atas mereka yang sering bangun kesiangan. Banyak studi menunjukkan bahwa orang yang bangun sebelum matahari terbit cenderung berpikiran lebih baik, mengambil keputusan lebih baik dan berkonsentrasi dengan lebih baik.

7. Punya banyak waktu
Manfaat lain bangun lebih awal untuk pria adalah, anda akan memiliki banyak waktu, contohnya kesempatan untuk membuat sarapan atau setidaknya sempat makan sesuatu. Dengan sarapan, otak anda akan lebih bisa berkonsentrasi, anda akan lebih berenergi bahkan sarapan juga bisa mencegah obesitas.
Jadi, mengapa pria harus bangun pagi? 7 poin di atas sudah menjelaskan semuanya. Semoga anda bisa melakukan salah satunya untuk hidup yang lebih sehat. Selamat mencoba


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »