5 Mitos Seputar Tidur Sehat

Berapa lama tidur yang kita butuhkan? Sebenarnya waktu tidur kita sangat tergantung dari beberapa faktor seperti usia, aktivitas, pekerjaan dan masih banyak yang lainnya.

Namun umumnya para ahli merekomendasikan kepada orang dewasa untuk tidur setidaknya 7 hingga 8 jam setiap malam. Dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa mitos tentang tidur yang banyak diyakini orang-orang.

Kurang tidur akan mempengaruhi kesehatan dalam banyak cara. Jadi, beberapa mitos mengenai tidur sebaiknya anda telaah kembali dan mungkin saja salah satunya membuat anda mengalami banyak masalah kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang sering membuat kita terganggu adalah insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur sepanjang malam atau bahkan selama berhari-hari. Lalu adakah obat untuk masalah ini?

Menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter atau membelinya di apotik sebenarnya bukanlah solusi tepat. Mengingat kita bisa merubah gaya hidup untuk mengatasi insomnia.

Agar kesehatan tetap terjaga, berikut adalah beberapa mitos seputar tidur yang harus anda ketahui.

1. Mengurangi jam tidur, gak masalah
Beberapa orang berpikir bahwa kehilangan jam tidur 1-2 jam tidaklah masalah. Namun hal tersebut sudah pasti salah. Sebenarnya kehilangan waktu tidur 1-2 jam bisa mengganggu tingkat produktivitas anda pada siang hari. Selain itu, anda juga harus tahu bahwa kekurangan tidur menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita menurun, tingkat energi dan juga jantung akan berpengaruh. Bahkan, kurang tidur satu jam saja bisa menyebabkan kita menjadi lemas dan tidak berenergi pada keesokan harinya.

2. Tidur pagi saja!
Ada banyak orang yang mengganti tidur malamnya pada keesokan harinya. Padahal antara tidur pada malam hari dan pada siang hari memiliki manfaat yang berbeda. Anda tidak akan pernah bisa menggantikan tidur pada malam hari dengan tidur sebanyak-banyaknya di siang hari. Karena tidur pada malam hari bermanfaat untuk menyembuhkan tubuh, untuk meregenerasi sel dan masih banyak yang lainnya.

3. Tidur panjang bikin sehat
Tidur dalam waktu yang panjang bisa membantu menjaga kesehatan. Ini adalah mitos selanjutnya yang harus anda pahami. Tidur panjang bukanlah jaminan. Melainkan kualitas tidur yang baiklah yang harus dipertahankan.
Setiap orang membutuhkan jumlah jam tidur yang berbeda-beda. Ada yang kurang dari 8 jam atau ada juga yang lebih dari 8 jam. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa tidur lebih dari 9 jam perhari dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh.

4. Tubuh bisa menyesuaikan
Kita berpikir bahwa secara alami tubuh kita akan menyesuaikan dengan perubahan pola tidur. Ini adalah mitos lain yang banyak dipercaya. Kita seringkali menerima begitu saja bahwa tubuh kita membutuhkan tidur 7 jam atau 8 jam setiap hari. Akan tetapi jika kita melakukan perubahan, kemungkinan besar kita tidak akan bisa melakukannya secara drastis. Kita membutuhkan proses untuk bisa melakukan perubahan-perubahan saat tidur.

5. Sering Tidur baik untuk kesehatan
Mitos tidur sehat lainnya yang banyak dipercaya adalah, banyak diantara kita berpikir bahwa sering tidur akan baik untuk kesehatan. Namun, faktanya, terlalu banyak tidur justru dapat mengakibatkan kita lemas, kurang bergairah, malas, mudah mengalami obesitas dan bahkan dapat memancing berbagai macam penyakit.


Jadi, bagaimana pendapat anda tentang tidur yang sehat itu? Apakah mitos-mitos diatas juga anda yakini saat ini?

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »